Kimia Sekolah Menengah Atas Ikatan yang terjadi antara atom 7N dengan 7N adalah....​

Ikatan yang terjadi antara atom 7N dengan 7N adalah....​

Jawaban:

Ini adalah ikatan yang terjadi antara dua atom yang membentuk ikatan dengan tiga pasang elektron yang digunakan secara bersama.

Penjelasan:

Ikatan antara 7N dengan 7N pada molekul N2. Konfigurasi elektron 7N = 2,5. Jumlah elektron valensi atom N adalah 5, berarti atom N membutuhkan 3 elektron untuk mencapai kestabilan (oktet).

Jawaban:

Atom N dan H akan membentuk senyawa NH3 dengan ikatan kovalen. Pembentukan ikatan NH3 dapat dilihat pada gambar di lampiran.

Elektron valensi atau elektron pada kulit terluar memperlihatkan kemampuan suatu atom untuk berikatan dengan atom lain. Untuk menentukan senyawa yang dapat terbentuk dari atom N dan H, perlu ditentukan dahulu konfigurasi elektronnya. Nomor atom unsur N = 7, sedangkan H = 1 maka konfigurasi elektronnya yaitu:

7N = 2 5

elektron valensi N = 5

1H = 1

elektron valensi H = 1

Atom N dan atom H akan menggunakan elektron bersama agar kedua atom mencapai kestabilan. Kedua unsur ini adalah unsur nonlogam. Maka, ikatan yang dapat terbentuk adalah ikatan kovalen, yaitu saling berbagi elektron untuk membentuk ikatan. Agar mencapai kestabilan, maka atom N membutuhkan 3 elektron dari 3 atom H yang sesuai dengan kaidah oktet. Senyawa yang terbentuk adalah NH3. Pembentukan ikatan NH3 dapat dilihat pada gambar di lampiran.

Penjelasan:

[answer.2.content]